PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH, GURU, DAN TENAGA KEPENDIDIKAN SMAMUGA OLEH KACABDIN WILAYAH KAB. PAMEKASAN
Pembinaan Oleh Kacabdin Wilayah Kabupaten Sumenep (doc. Hasby Ash-Shiddiqi)
SMAMUGA - Kepala Cabang Dinas Wilayah Kabupaten Sumenep melaksanakan agenda pembinaan Kepala Sekolah, Guru, dan Tenaga Kependidikan di lembaga SMA Muhammadiyah 4 Gayam. Selasa (11/11/2025).
Pembinaan pola pikir (mindset) kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan sangat penting untuk mentransformasi pendidikan ke arah yang lebih baik, terutama untuk menumbuhkan growth mindset (pola pikir bertumbuh). Pola pikir ini membantu mereka untuk beradaptasi dengan perubahan, belajar dari kesalahan, dan melihat tantangan sebagai kesempatan untuk berkembang.
"Pola pikir bertumbuh jika dimiliki oleh seluruh dewan guru yang ada di sekolah/lembaga, maka akan menghasilkan perkembangan siswa yang akan merespon pembelajaran dengan berkesadaran. Kita harus ikhlas mengharap ridho Allah dalam mentransfer ilmu kepada siswa. Jangan merasa aman berada di zona nyaman. Bukan tidak mungkin apabila kita berdiam tanpa bergerak, sekolah lima tahun mendatang akan tinggal nama dan bangunannya, tanpa adanya peserta didik." tutur Dr. Budi Sulistyo, S.Pd., M.Si., selaku Kacabdin Wilayah Kabupaten Sumenep.
Kacabdin, Kasi Pendidikan, dan Pengawas SMA Bersama Dewan Guru SMAMUGA (doc. Hasby Ash-Shiddiqi)
1. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah
Kepala sekolah memegang peran sentral dalam menginisiasi dan memelihara growth mindset di lingkungan sekolah.
Merumuskan Visi Bersama: Melibatkan seluruh staf dalam menyusun visi dan misi sekolah yang jelas akan meningkatkan motivasi dan rasa kepemilikan.
Menjadi Teladan: Kepala sekolah harus menjadi contoh nyata dalam menunjukkan sikap positif terhadap tantangan dan pembelajaran berkelanjutan.
Menciptakan Suasana Kondusif: Menciptakan lingkungan kerja yang aman dan mendukung, di mana staf merasa nyaman untuk mengambil risiko yang terukur dan belajar dari kegagalan.
Memberikan Motivasi dan Apresiasi: Memberikan pengakuan atas kerja keras dan kreativitas, bukan hanya hasil akhir, akan mendorong upaya yang berkelanjutan.
2. Strategi Pembinaan untuk Guru dan Tenaga Kependidikan
Pelatihan dan Pengembangan Profesional
Pelatihan Growth Mindset: Mengadakan lokakarya atau seminar khusus tentang konsep growth mindset dan aplikasinya dalam manajemen sekolah dan proses pembelajaran.
Supervisi dan Pembinaan Berkelanjutan: Melakukan supervisi dan pembinaan secara rutin untuk membimbing guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran dan melaksanakan proses pembelajaran yang direncanakan.
Studi Kasus dan Praktik Terbaik: Memfasilitasi diskusi studi kasus atau memanggil tutor/ahli untuk berbagi praktik terbaik dalam menghadapi tantangan pendidikan modern. (*)
Penulis Abu Hasna
.jpeg)
.jpeg)
Komentar
Posting Komentar